Various Sorts and the Fresh Dragon Fruit Developed in Sragen

Jenis Buah Naga

Hylocereus undatus

Hylocereus polyrhizus

Hylocereus costaricensis

Selenicerius megalanthus
Pemesanan Bibit dan Buah Naga Segar
logo
Ir. Warjimin

(+62815 655 6233)

Mahardika

(+62815 8435 5631)
Dkh. Dukuhan Prampalan RT.26/06 Krikilan Masaran,
Kab. Sragen

Jawa Tengah - Indonesia
Archives sebelumnya
  • Sekilas tentang Buah Naga
  • Google





    Jumat, 21 Desember 2007
    Jenis Buah Naga Merah
    Buah Naga daging merah adalah dari spesies yang paling sesuai untuk ditanam secara besar-besaran karena warna daging buahnya berwarna merah menarik. Jenis merah biasanya berasal dari Guatemala, Colombia, Honduras, El Savador. Selain itu jenis merah dapat pula disilangkan dengan jenis yang putih. Buah Naga daging merah adalah dari spesies yang paling sesuai untuk ditanam secara besar-besaran karena warna daging buahnya berwarna merah menarik. Jenis merah biasanya berasal dari Guatemala, Colombia, Honduras, El Savador.

    Buahnya lebih kecil dari jenis putih, namun setelah dimuliakan dan mengalami persilangan, maka buahnya menjadi agak besar. Selain itu jenis merah disilangkan dengan jenis yang putih sehingga menjadi merah muda besarnya sama dengan jenis yang putih. Usaha ini telah dilakukan di perkebuanan besar di California Amerika serikat menanam jenis Delight atau Hylocereus polyrhizus X undatus merupakan jenis hybryda, menjadi usaha yang menguntungkan diperkebunanya. Di Malaysia semula membudidayakan jenis putih, namun kemudian beralih menanam ke jenis merah lebih cocok mungkin karena iklimnya mirip dengan iklim yang ada dari negeri asal buah naga jenis merah.

    Selain itu ada pertimbangan lain adalah untuk menghasilkan nilai tambah. Kalaupun jenis putih hanya dimakan sebagai buah, jenis buah naga merah dapat menunjang industri hilir yang menyediakan berupa bahan produk makanan dan minuman. Rasanya pun lebih manis, beraroma dan lebih berair, sehingga buah naga jenis merah sangat baik dipakai sebagai bahan olahan. Warna hasil olahan sangat menarik asli berwarna merah terang, tanpa harus diberi tambahan pewarna, sehingga menghilangkan keraguan akan berakibat buruk pada kesehatan. Semakin merah warnanya semakin banyak pula unsur beta cerothene yang ada didalamnya, oleh sebap itu orang lebih suka memilih jenis buah naga berjenis merah.

    Buah ini diproses menjadi berbagai produk seperti, juice kemasan, juga dibuat untuk jelly yang biasanya dimakan anak-anak maupun orang dewasa. Bagi penggemar berat ice cream serasa kurang lengkap bila, belum merasakan nikmatnya rasa buah naga, selain itu juga dibuat sirop untuk minuman ringan. Di Eropa para produsen aggur mulai melirik untuk dibuat minuman beralkohol dari bahan buah naga, ternyata buah itu dapat diproses dijadikan semacam anggur yang berwarna merah terang. Jangan kaget bila menemui minuman Martini yang terbuat dari buah naga, merupakan minuman yang paling eksklusif disaat ini. Oleh sebap itu harga buah naga merah lebih mahal dari jenis yang lain-lain, karena mempunyai nilai tambah. Inilah merupakan sebuah alasan kenapa lebih memilih menanam buah naga merah dari pada yang putih atau kuning.

    Selain itu jenis Buah Naga jenis merah juga baik untuk tanaman hias akarnya dapat merambat ketembok. Beberapa pagar rumah banyak dirambati buah naga, yang rimbun, atau tiang-tiang teras rumah atau gerbang rumah. Selain itu sengaja dirambatkan didinding kondominium, apartement, ataupun rumah biasa yang jadi penghias tumbuhan rambat.

    Jenis ini juga telah dikembangnkan di sragen, yang telah berhasil membudidayakan. Tersedia juga bibit berbagai jenis, baik itu yang telah besar, sedang maupun masih kecil Tentunya sulit untuk menyediakan semua jenis seperti tulisan diatas namun setidaknya ada beberapa jenis merah disana.


    Costa Rican Sunset

    Hylocereus spp.

    Costa Rican Sunset

    Jenis ini berbeda dengan jenis lainnya termasuk tanaman langka pertumbuhannya lambat tapi dapat merambat, warna menarik aroma dan rasana enak. Namun kebanyakan ditanam oleh kolektor, tidak untuk dibudidayakan secara komersial. Sangat baik untuk tumbuhan penghias gedung tinggi karena dapat merambat pada tembok.


    Delight

    Hylocereus polyrhizus X undatus

    Delight

    Delight merupakan jenis hybrida mempunyai daging buah merah jambu banyak ditanam didaerah California,mempunyai penampilan pingk menyala, rasa daging buah lembut dan manis. Buahnya berukutan sedang 250-500 gr berbuah tak begitu lebat, namun baik untuk tanaman hias.


    Red Jaina

    Hylocereus polyrhizus

    Red Jaina

    Red Jaina merupakan jenis berwarna merah tua, dibudidayakan untuk keperluan industri makanan dan minuman rasanya agak manis, jenis buah ini baik untuk dimakan serta dipakai untuk berbagai bahan minuman seperti juice, ice cream. Buahnya berukuran sedang 220-500 gr, tak baik untuk tanaman hias.


    Zamorano

    Hylocereus Polyrhizus

    Zamorano

    Jenis buah naga ini merupakan hasil budidaya sebuah Universitas di Honduras. Berwarna merah tua menyala, rasanya manis beraroma lembut. Buah berukuran sedang 250-500 gr. Baik utuk dimakan sebagai buah, dijadikan sebagai bahan olahan seperti ice cream, juice, sirop atau garnis.

    Source: Griyo Kulo

    Subscribe in podnovaSubscribe in NewsGator OnlineAdd to netvibesaddtomyyahoo4Subscribe to My Odeo ChannelAdd to Google
    posted by d.fruit @ 00.27  
    1 Comments:
    • At 3 Mei 2008 pukul 10.47, Blogger Unknown said…

      khasiat buat kesehatan apa aja yah..?? Sepertinya enak nih yang merah...
      ini dijual dalam satuan kiloan, kuintal, ato??
      btw, nice blog....

       
    Posting Komentar
    << Kembali ke awal / Home
     
    News
    Respons